Bridging Satu Sehat di
Sebagai manusia, kesehatan adalah aset yang paling berharga. Oleh karena itu, ketersediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau ialah hal yang sungguh-sungguh penting. Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia mencanangkan program Satu Sehat untuk seluruh pada tahun 2019. Tujuannya merupakan untuk memberikan akses layanan kesehatan yang merata dan berkualitas untuk segala masyarakat Indonesia.
Tetapi, dalam kenyataannya, masih banyak masyarakat yang sulit untuk mendapatkan akses ke pelayanan kesehatan. Problem yang kerap kali dihadapi merupakan terbatasnya fasilitas kesehatan yang berkualitas, lebih-lebih di tempat-tempat pedalaman dan terpencil. Kecuali itu, masih ada kendala dalam hal biaya dan ketersediaan kekuatan medis yang memadai.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu cara yang bisa menghubungkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkwalitas. Inilah yang disebut dengan bridging Satu Sehat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang bridging Satu Sehat dan bagaimana metode ini bisa menolong meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.
Apa itu Bridging Satu Sehat?
Bridging Satu Sehat ialah suatu metode yang mengaitkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan bermutu. Dengan metode ini, pasien bisa mencari dan menemukan layanan kesehatan yang pantas dengan keperluan dan lokasi mereka. Kecuali itu, fasilitas kesehatan juga bisa mempromosikan diri mereka sendiri agar lebih mudah ditemukan oleh pasien.
Cara bridging Satu Sehat terdiri dari sebagian komponen, antara lain:
1. Pencarian layanan kesehatan online Pasien dapat mencari dan menemukan layanan kesehatan yang layak dengan kebutuhan dan lokasi mereka melewati web website atau aplikasi khusus. Mereka dapat memilih variasi layanan kesehatan yang diperlukan, seperti konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium, atau perawatan medis lainnya. Selain itu, mereka juga bisa memperhatikan kabar berkaitan fasilitas kesehatan, seperti lokasi, jadwal layanan, dan tarif.
2. Pemesanan layanan kesehatan online Sesudah menemukan layanan kesehatan yang layak, pasien bisa mengorder layanan tersebut secara online. Mereka bisa memilih jadwal yang tersedia dan melaksanakan pembayaran lewat cara pembayaran yang terintegrasi dengan web atau aplikasi.
3. Isu kesehatan dan edukasi Sistem bridging Satu Sehat juga menyediakan berita kesehatan dan edukasi yang dapat membantu pasien untuk memahami kondisi kesehatan mereka dan cara menyelesaikan keadaan sulit tersebut. Berita ini dapat berupa tulisan kesehatan, video edukasi, atau konsultasi dengan energi medis berhubungan.
4. Rating dan ulasan fasilitas kesehatan Pasien bisa memberikan rating dan ulasan kepada fasilitas kesehatan yang mereka kunjungi melalui sistem bridging Satu Sehat. Keuntungan ini dapat membantu pasien lain untuk memilih fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terpercaya.
Cara Bridging Satu Sehat
Metode bridging Satu Sehat mempunyai beberapa profit, antara lain:
1. Meningkatkan akses layanan kesehatan Dengan metode ini, pasien bisa mencari dan menemukan layanan kesehatan yang sesuai dengan keperluan dan lokasi mereka. Keuntungan ini bisa meningkatkan akses layanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi segala masyarakat Indonesia.
2. Bekerja pengerjaan pengorderan layanan kesehatan Metode pengorderan layanan kesehatan bisa dilakukan secara online, sehingga memudahkan pasien untuk melaksanakan reservasi tanpa semestinya datang lantas ke fasilitas kesehatan.
3. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Dengan adanya rating dan ulasan dari pasien, fasilitas kesehatan dapat mengenal kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan mereka. Profit ini bisa menolong mereka untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang dikasih.
4. Memperluas jangkauan pemasaran fasilitas kesehatan Dengan cara bridging Satu Sehat, fasilitas kesehatan dapat mempromosikan diri mereka sendiri secara online, sehingga bisa menjangkau lebih banyak pasien potensial.
Bagaimana Bridging Satu Sehat Pemesanan?
Sistem bridging Satu Sehat bekerja dengan mengaitkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkualitas. Sistem ini dikerjakan melalui beberapa tahapan, antara lain:
1. Pencarian layanan kesehatan Pasien menjalankan pencarian layanan kesehatan yang dibutuhkan melalui web website atau aplikasi khusus. Mereka bisa memilih ragam layanan kesehatan yang dibutuhkan dan mencari fasilitas kesehatan yang terdekat dengan lokasi mereka.
2. Pemesanan layanan kesehatan Sesudah menemukan layanan kesehatan yang sesuai, pasien dapat mengorder layanan hal yang demikian secara online. Mereka bisa memilih jadwal yang tersedia dan melaksanakan pembayaran lewat metode pembayaran yang terintegrasi dengan laman atau aplikasi.
3. Pemberian layanan kesehatan Pasien datang ke fasilitas kesehatan pada jadwal yang telah dipilih untuk menerima layanan kesehatan yang dibutuhkan.
4. Rating dan ulasan fasilitas kesehatan Sesudah mendapatkan layanan kesehatan, pasien bisa memberikan rating dan review terhadap fasilitas kesehatan yang mereka kunjungi. Keuntungan ini dapat menolong pasien lain untuk memilih fasilitas kesehatan yang bermutu dan terpercaya.
Bridging Satu Sehat merupakan suatu metode yang menghubungkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan bermutu. Dengan adanya sistem ini, pasien dapat mencari, mengorder, dan menerima layanan kesehatan dengan gampang dan efisien. Kecuali itu, fasilitas kesehatan juga dapat mempromosikan diri mereka sendiri secara online dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan.
Tapi, dalam pengaplikasian metode bridging Satu Sehat ini juga perlu mengamati beberapa hal, seperti keamanan data pasien dan keakuratan berita yang disediakan. Oleh sebab itu, perlu adanya pengawasan dan hukum yang ketat dari pihak yang memiliki wewenang.
keseluruhan, bridging Satu Sehat bisa menjadi solusi yang pas dalam meningkatkan jalan masuk layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya sistem ini, diinginkan masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan yang bermutu dan relatif murah, serta dapat membetulkan kwalitas kesehatan secara keseluruhan.
SIMRS Symphoniex dari Farmagitech dapat membantu rumah sakit – rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan program SATU SEHAT. Karena SIMRS Symphoniex sudah dapat menimplementasikan program SATU SEHAT dan Vclaim BPJS Kesehatan di dalam software SIMRS Symphoniex
Jadwalkan demo
Kontak Via WhatsApp
Kontak Via SMS
Kontak Via Telephone