Bridging Satu Sehat di
Sebagai manusia, kesehatan yakni aset yang paling berharga. Oleh karena itu, ketersediaan pelayanan kesehatan yang bermutu dan relatif murah adalah hal yang benar-benar penting. Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia mencanangkan program Satu Sehat untuk seluruh pada tahun 2019. Tujuannya ialah untuk memberikan akses layanan kesehatan yang merata dan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Melainkan, dalam kenyataannya, masih banyak masyarakat yang sulit untuk menerima akses ke pelayanan kesehatan. Permasalahan yang tak jarang dihadapi ialah terbatasnya fasilitas kesehatan yang berkwalitas, terpenting di tempat-daerah pedalaman dan terpencil. Selain itu, masih ada kendala dalam hal tarif dan ketersediaan energi medis yang memadai.
Untuk mengatasi dilema tersebut, diperlukan suatu cara yang bisa mengaitkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkualitas. Inilah yang disebut dengan bridging Satu Sehat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang bridging Satu Sehat dan bagaimana cara ini dapat menolong meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.
Apa itu Bridging Satu Sehat?
Bridging Satu Sehat yakni suatu sistem yang menghubungkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkwalitas. Dengan metode ini, pasien bisa mencari dan menemukan layanan kesehatan yang layak dengan keperluan dan lokasi mereka. Kecuali itu, fasilitas kesehatan juga bisa mempromosikan diri mereka sendiri agar lebih mudah ditemukan oleh pasien.
Metode bridging Satu Sehat terdiri dari beberapa komponen, antara lain:
1. Pencarian layanan kesehatan online Pasien dapat mencari dan menemukan layanan kesehatan yang pantas dengan kebutuhan dan lokasi mereka melalui website situs atau aplikasi khusus. Mereka bisa memilih tipe layanan kesehatan yang dibutuhkan, seperti konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium, atau perawatan medis lainnya. Selain itu, mereka juga dapat memandang berita berhubungan fasilitas kesehatan, seperti lokasi, jadwal layanan, dan tarif.
2. Pengorderan layanan kesehatan online Sesudah menemukan layanan kesehatan yang cocok, pasien bisa mengorder layanan tersebut secara online. Mereka bisa memilih jadwal yang tersedia dan melaksanakan pembayaran via metode pembayaran yang terintegrasi dengan situs atau aplikasi.
3. Berita kesehatan dan edukasi Cara bridging Satu Sehat juga menyediakan info kesehatan dan edukasi yang bisa menolong pasien untuk memahami situasi kesehatan mereka dan sistem menuntaskan persoalan tersebut. Kabar ini dapat berupa artikel kesehatan, video edukasi, atau konsultasi dengan kekuatan medis berkaitan.
4. Rating dan review fasilitas kesehatan Pasien dapat memberikan rating dan ulasan terhadap fasilitas kesehatan yang mereka kunjungi melewati cara bridging Satu Sehat. Keuntungan ini dapat menolong pasien lain untuk memilih fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terpercaya.
Sistem Bridging Satu Sehat
Metode bridging Satu Sehat memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
1. Meningkatkan akses layanan kesehatan Dengan sistem ini, pasien bisa mencari dan menemukan layanan kesehatan yang pantas dengan kebutuhan dan lokasi mereka. Keuntungan ini dapat meningkatkan akses layanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi segala masyarakat Indonesia.
2. Bekerja proses pengorderan layanan kesehatan Sistem pengorderan layanan kesehatan dapat dilaksanakan secara online, sehingga memudahkan pasien untuk melaksanakan reservasi tanpa mesti datang lantas ke fasilitas kesehatan.
3. Meningkatkan kwalitas pelayanan kesehatan Dengan adanya rating dan review dari pasien, fasilitas kesehatan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan mereka. Keuntungan ini bisa membantu mereka untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kesehatan yang diberi.
4. Memperluas jangkauan pemasaran fasilitas kesehatan Dengan sistem bridging Satu Sehat, fasilitas kesehatan dapat mempromosikan diri mereka sendiri secara online, sehingga bisa menjangkau lebih banyak pasien potensial.
Bagaimana Bridging Satu Sehat Pemesanan?
Cara bridging Satu Sehat berprofesi dengan menghubungkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkwalitas. Sistem ini dijalankan melewati sebagian jenjang, antara lain:
1. Pencarian layanan kesehatan Pasien menjalankan pencarian layanan kesehatan yang dibutuhkan lewat laman web atau aplikasi khusus. Mereka dapat memilih tipe layanan kesehatan yang diperlukan dan mencari fasilitas kesehatan yang terdekat dengan lokasi mereka.
2. Pemesanan layanan kesehatan Setelah menemukan layanan kesehatan yang layak, pasien bisa mengorder layanan hal yang demikian secara online. Mereka dapat memilih jadwal yang tersedia dan melakukan pembayaran via cara pembayaran yang terintegrasi dengan website atau aplikasi.
3. Pemberian layanan kesehatan Pasien datang ke fasilitas kesehatan pada jadwal yang telah dipilih untuk mendapatkan layanan kesehatan yang diperlukan.
4. Rating dan review fasilitas kesehatan Setelah menerima layanan kesehatan, pasien dapat memberikan rating dan review kepada fasilitas kesehatan yang mereka kunjungi. Keuntungan ini bisa membantu pasien lain untuk memilih fasilitas kesehatan yang bermutu dan terpercaya.
Bridging Satu Sehat merupakan suatu metode yang mengaitkan antara pasien dengan fasilitas kesehatan yang terdekat dan berkwalitas. Dengan adanya sistem ini, pasien dapat mencari, memesan, dan menerima layanan kesehatan dengan mudah dan efisien. Kecuali itu, fasilitas kesehatan juga dapat mempromosikan diri mereka sendiri secara online dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberi.
Melainkan, dalam penggunaan metode bridging Satu Sehat ini juga perlu melihat beberapa hal, seperti keamanan data pasien dan keakuratan berita yang disediakan. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dan tata tertib yang ketat dari pihak yang berwajib.
keseluruhan, bridging Satu Sehat dapat menjadi solusi yang pas dalam meningkatkan jalan masuk layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya cara ini, diinginkan masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan yang berkwalitas dan terjangkau, serta bisa mengkoreksi kualitas kesehatan secara keseluruhan.
SIMRS Symphoniex dari Farmagitech dapat membantu rumah sakit – rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan program SATU SEHAT. Karena SIMRS Symphoniex sudah dapat menimplementasikan program SATU SEHAT dan Vclaim BPJS Kesehatan di dalam software SIMRS Symphoniex
Jadwalkan demo
Kontak Via WhatsApp
Kontak Via SMS
Kontak Via Telephone